Berita

BIG Gelar Bimtek Pemanfatan Data dan IGD untuk Perencanaan Pembangunan

Oleh Admin Utama

Medan, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial Dasar untuk Perencanaan Pembangunan di Medan, Sumatra Utara. Kegiatan yang menghadirkan Edwar Darmansyah Pohan dari Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Pemprov Sumatera Utara sebagai salah satu narasumber ini dilaksanakan pada 13-15 September 2022.

“Beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi daerah terkait penyediaan Informasi Geospasial (IG), di antaranya ketersedian data dan informasi yang terbatas, kekurangan metodologi analisis spasial, ketidakmampuan daerah, serta kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang terbatas,” tutur Edward.

Melalui kegiatan bimtek yang diadakan BIG ini, lanjut Edward, diharapkan dapat mengembangkan dan memberikan informasi untuk mengatasi kendala yang ada. Peserta bimtek mendapatkan penjelasan terkait data dan IG yang ada di BIG serta cara mengakses dan memanfaatkannya untuk perencanaan pembangunan.

Selain itu, peserta bimtek juga mendapatkan tutorial menyusun peta kemiringan lereng dari data Digital Elevation Model Nasional (DEMNas), menyusun neraca penutup lahan, integrasi data spasial statistik, serta pemetaan jangkauan layanan fasilitas umum dan fasilitas sosial menggunakan data RBI.

Pelaksanaan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatnya pemahaman dan kemampuan pengguna IG dalam memanfaatkan IG Dasar yang dihasilkan oleh BIG. Selain itu, juga ada peningkatan kompetensi SDM pengguna IG yang kemudian secara sistematis dapat memberikan kontribusi dalam percepatan implementasi pembangunan nasional.

Sebagai informasi, Bimtek Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial Dasar untuk Perencanaan Pembangunan ini diikuti 75 peserta secara daring dan luring. Seluruh peserta adalah perwakilan dari 34 kabupaten/kota di region Sumatera.

Narasumber lain yang turut menyampaikan materi, di antaranya dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN); Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasiona/ (PPN/Bappenas); serta Pemprov Sumatera Utara. Materi yang disampaikan terkait peningkatan kapasitas SDM dalam aspek geospasial, kebutuhan peta untuk penyusunan rencana tata ruang, dan pemanfaatan IG dalam perencanaan pembangunan. (AR/NIN)

Berita Lainnya