Berita

BIG dan UPR Bersinergi Bangun PPIDS

Oleh Admin Utama

Palangka Raya, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Universitas Palangka Raya (UPR) menandatangani perjanjian kerja sama membentuk Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial Universitas Palangka Raya (PPIDS UPR) pada Kamis, 21 Juli 2022.

Perjanjian kerja sama pembentukan PPIDS UPR ditandatangani Kepala Pusat Standardisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial BIG Sumaryono dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPR Aswin Usup. Penandatanganan disaksikan oleh Kepala BIG Muh Aris Marfai dan Rektor UPR Andrie Elia Embang.

Dalam sambutannya, Aris menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapi oleh BIG, seperti jumlah simpul jaringan yang sangat banyak serta tersebar di seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah. Tantangan lain yang juga dihadapi oleh BIG adalah jumlah sumber daya manusia untuk mengelola simpul jaringan tersebut.

“Pembentukan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) atau Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) UPR dengan BIG diharapkan dapat berkontribusi dalam percepatan upaya pengembangan simpul jaringan di wilayah Kalimantan Tengah, baik di tingkat Provinsi, maupun Kabupaten atau Kota,” jelas Aris.

Penandatanganan perjanjian kerja sama BIG dan UPR dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Kepala BIG yang bertemakan “Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Penataan Ruang Wilayah yang Optimal”. (Arawinda Nur Salsabyla/MAD)

Berita Lainnya